Daftar Artikel

  • Tingkatan Bacaan Al Qur'an“Terdapat 4 tingkatan atau mertabat bacaan Al-Quran iaitu bacaan dari segi cepat atau perlahan.
  • Memahami Waktu Shalat Fardhu“Sesungguhnya solat itu diwajibkan atas orang-orang yang beriman menurut waktu-waktu yang tertentu” ( Q.S. An-Nisa’ :103 ) “Dirikanlah solat ketika gelincir matahari hingga waktu gelap malam dan dirikanlah solat subuh sesungguhnya solat subuh itu adalah disaksikan (keistimewaannya)”. ( Q.S. Al-Isra’ : 78 )
  • Sesuatu yang tidak dimiliki ALLAH SWTSuatu hari Anas bin Malik menyaksikan seorang Yahudi yang datang menghadap Khalifah Abu Bakar dan berkata, “Aku ingin bertemu dengan khalifah Rasulullah saw.” Para sahabat membawanya kepada Khalifah Abu Bakar. Dihadapan Abu Bakar, orang Yahudi berkata, “Anda khalifah Rasulullah saw?”...
  • Cinta Allah dan Rasulullah Allah Swt berfirman, "katakanlah, jika kalian (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscya Allah mengasihi kalian" (QS Ali `Imran [3]:31).
  • Malu Sebagian Dari Iman عَنْ أَبِي مَسْعُوْدٍ عُقْبَةَ بِنْ عَمْرٍو الأَنْصَارِي الْبَدْرِي رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِنَّ مِمَّا أَدْرَكَ النَّاسُ مِنْ كَلاَمِ النُّبُوَّةِ الأُوْلَى، إِذَا لَمْ تَسْتَحِ فَاصْنَعْ مَا شِئْتَ [رواه البخاري ] Dari Abu Mas’ud ‘Uqbah bin ‘Amr Al Anshari Al Badri radhiyallahu’anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya di antara ucapan kenabian yang pertama kali ditemui manusia...
  • Makna Sabar Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena....
  • Mimpi sebuah keindahan hidup semua orang disekeliling kita pasti pernah mengalami mimpi, entah itu mimpi yang baik maupun yang buruk. Apakah Mimpi itu ? Habib Asseggaf dalam ungkapan filosofisnya pernah menuturkan "Mimpi yang baik itu adalah keindahan dalam hidup." mimpi juga pernah dialami oleh para nabi dan...
  • Menipiskan Alis Salah satu cara berhias yang berlebih-lebihan yang diharamkan Islam, yaitu mencukur rambut alis mata untuk ditinggikan atau disamakan. Dalam hal ini Rasulullah pernah melaknatnya, seperti tersebut dalam hadis:.....
  • Menyambung Rambut Termasuk perhiasan perempuan yang terlarang ialah menyambung rambut dengan rambut lain, baik rambut itu asli atau imitasi seperti yang terkenal sekarang ini dengan nama wig....
  • Semir Rambut Sehubungan dengan masalah ini ada satu riwayat yang menerangkan, bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak memperkenankan menyemir rambut dan merombaknya, dengan.....
  • Jiwa Yang Tenang Jiwa yang tenang itu berangkat dari kebaikan dan selalu memperlihatkan gejala-gejala yang normal. ia selamanya bertawakal kepada ALLAH, rela menerima rizki yang baik maupun yang Jelek, berjuang, konsisten terhadap kebenaran, tidak pernah mengeluh dikala mengalami cobaan dan malapetaka....
  • Ciri-Ciri Wanita Sholehah Tidak banyak syarat yang dikenakan oleh Islam untuk seseorang wanita untuk menerima gelar solehah, dan seterusnya menerima pahala syurga yang penuh kenikmatan dari Allah SWT.....
  • Memelihara Jenggot Termasuk yang urgen dalam permasalahan kita ini, ialah tentang memelihara jenggot. Untuk ini Ibnu Umar telah meriwayatkan dari Nabi s.a.w. yang mengatakan sebagai berikut:....
  • Mimpi Sebuah Keindahan hidup

    semua orang disekeliling kita pasti pernah mengalami mimpi, entah itu mimpi yang baik maupun yang buruk. Apakah Mimpi itu ? Habib Asseggaf dalam ungkapan filosofisnya pernah menuturkan "Mimpi yang baik itu adalah keindahan dalam hidup." mimpi juga pernah dialami oleh para nabi dan rasul, seperti mimpinya nabiyullah Ibrahim as.saat diuji keimanannya oleh ALLAH SWT untuk menyembelih putra tercintanya nabiyullah Ismail as.  nabiyullah Yusuf as juga pernah bermimpi tentang matahari dan bintang yang bersujud dihadapannya. mimpi baginda Rasulullah SAW, saat diberitahu oleh malaikat jibril tentang pendamping hidup beliau satelah wafatnya siti khodijah, yaitu Aisyah. Mimpi yang dialami oleh para nabi dan rasul disebut dengan Ru'yatus Shadiqah, yang merupakan wahyu dari ALLAH SWT. berbeda dengan mimpi yang dialami oleh manusia biasa.

    Abu Bakar bin Ali Muhyiddin al-Hatimi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Ibnu Arabi adalah seorang ulama islam yang berasal dari Murcia Tenggara, Spanyol yang lahir tanggal 17 Agustus 1165. beliau adalah seorang ulama yang ahli dalam bidang filsafat dan tasawuf mndefinisikan mimpi bagian dari imajinasi. maka untuk memahami terminologi mimpi dalam khazana pemikirannya, terlebih dahulu mengacu pada makna imajinasi itu sendiri. baginya, imajinasi adalah tempat penampakan wujud-wujud spiritual, para malaikat dan ruh, tempat mereka memperoleh bentuk dan figur-figur "rupa penampakan" mereka. karena disana konsep -konsep murni ( Ma'ani) dan tata indra (Mahshushat) bertemu dan memekar menjadi figur-figur personal yang dipersiapkan untuk menghadapi drama event rohani. ia juga menambahkan, bahwa kecakapan imajinasi itu selalu aktif, baik sedang dalam keadaan bangun maupun dalam keadaan tidur. selama berjam-jam bangun, kecakapan ini disimpangkan oleh kesan-kesan indera ( sense impression) unutk melakukan pekerjaannya secara wajar, tapi dalam keadaan tidur. ketika indera - indera dan kecakapan lainnya sedang istirahat, imajinasi terbangun semua.

    Ibnu Arabi membagi mimpi itu menjadi tiga macam :
    1. Mimpi atau kesan-kesan yang berhubungan dengan kejadian sehari-hari dari orang itu dan mengirimkannya ke "mata Bathin" . hati mereka yang akan merefleksikannya dan membesarkannya seperti layaknya sebuah cermin. dengan cara inilah, mimpi biasa muncul sebagai asosiasi-asosiasi dari pikiran-pikiran (idea) dan kesan-kesan (image) yang menghubungkan diri mereka sendiri dengan beberapa objek syahwat.
    2. mimpi semacam arus yang mengalir namun tetap bersih, dimana dipancarkan objek-objek segala gambaran (mimpi Simbolis). Ibnu Arabi menyatakan bahwa mimpi-mimpi semacam itu dapat dipercaya namun itu harus ditafsirkan karena hanya berupa simbol-simbol saja. imajinasilah yang mensuplai simbol-simbol itu. dan kita tidak harus mengambil simbol-simbol itu secara realistas.
    3. mimpi spiritual non simbolik, yaitu : mimpi yang dapat dipercaya yang tidak ada simbolnya. disini imajinasi tidak campur tangan." Hati " langsung merefleksikan kesan-kesan spiritual ( Ma'ani ghaibiyah ). dalam mimpi golongan ini terdapat wahyu (revelation) dan ilham. inspirasi yang keluar langsung dari jiwa individual. karakteristik serta manfaat dari mimpi jenis ini hanya dapat diperoleh oleh jiwa-jiwa yang telah mencapai tarafnya para wali atau para nabi. wallahu a'lam bishowab.

    Sumber : Al-ashriyyah Nurul Iman

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terima kasih Atas Commentnya...